Jumat, 28 Desember 2012

Lalat, Makan Apa sih?

makanan lalatkali ini ga usah mikir Cari Uang tapi berfikir tentang lalat


Asyik nich.... udah musim buah nangka di daerah Magetan...
Kaya' Harmoni dech... musim nangka ama lalat
Disini tuh klo musim nangka pasti pasukan lalat menyerbu berbagai tempat, di teras, di ruang tamu, di ruang makan, paaaaarahnya masuk juga ke kamar... ih jorok. 


Padahal udah tiap hari dipel pake super pel rasa lemon, mungkin tu lalat suka ama yang rasa lemon :) hahaha
ada alternatif yang paling jitu supaya lalat g masuk rumah yaitu tutup pintu, tutup jendela rapat2 dijamin lalat g bakal nongol lagi.... tapi mana tahaaaaan nutup jendela teru2san disini panaaas banget

ada lagi yang ana sebel ma lalat, lalat tu kaya pendekar aja, masak ditiap tempat dia hinggap selalu aja ngluarin aji-aji ( gosok2in kedua tangannya) trus... klo ada makanan enak ia hinggap, makanan basi ia hinggap bahkan dikotoran pun ia hinggap. 


uh... jadi makin penasaran sebenarnya apa sih yang bikin lalat kaya gitu? 

Jadi lalat tu merupakan insekta yang unik . Why? karena cara makan lalat yang meludahi makanannya terlebih dahulu sampai makanan tersebut cair. Tiyus, disedot masuk ke dalam perut. Hal ini yang menyebabkan bakteri dan virus turut masuk ke dalam saluran pencernaannya dan berkembang biak di dalamnya. So... kita harus hati-hati ma si serangga imut ni


Lalat dalam ISLAM

Selain mengajarkan etika dalam menjalani hidup. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan sesuatu yang ada hubungannya dengan sains dan medis. Salah satunya hadits tentang lalat yang masuk ke dalam minuman. Apabila ada seekor lalat yang masuk ke dalam minuman, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan untuk menyelupkan lalat itu seluruhnya ke dalam minuman, lalu setelah itu lalatnya dibuang. dan kita bisa melanjutkan menikmati minuman itu. Sebab keadannya kembali bersih dari kuman penyakiti.

Ini hadits tentang lalat
Nabi Bersabda, “Apabila seekor lalat masuk ke dalam minuman salah seorang kalian, maka celupkanlah ia, kemudian angkat dan buanglah lalatnya sebab pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya ada obatnya. " (HR. Bukhari, Ibn Majah, dan Ahmad


Bukti Lalat Mengandung Racun Dan Obat Pada Sayapnya


Studi yang telah dilakukan oleh Universitas Colorado di Amerika menunjukkan bahwa lalat tidak hanya berperan sebagai karier patogen (penyebab penyakit) saja, tetapi juga membawa mikrobiota yang dapat bermanfaat.Mikrobiota di dalam tubuh lalat ini berupa sel berbentuk longitudinal yang hidup sebagai parasit di daerah abdomen (perut) mereka. Untuk melengkapi siklus hidup mereka, sel ini berpindah ke tubulus-tubulus respiratori dari lalat. Jika lalat dicelupkan ke dalam cairan, maka sel-sel tadi akan keluar dari tubulus ke cairan tersebut.Mikrobiota ini adalah suatu bakteriofag yang tak lain adalah virus yang menyerang virus lain serta bakteri. Virus ini dapat dibiakkan untuk menyerang organisme lain.


Dokter Mahmud Kamal dan dr. Muhammad Abdul Mun’in Husain, juga ikutan menguatkan topik di atas dengan mengatakan bahwa kajian mengenai masalah ini sudah dilakukan sejak tahun 1871 oleh seorang guru besar di Universitas Hal, Jerman, yaitu Brifeld. Lalu dilanjutkan oleh beberapa ahli dari beberapa negara, seperti Erneysten dan Cook dari Inggris, yang mengadakan penyelidikan sekitar tahun 1947 sampai 1950.


Menurutnya, dengan dicelupkannya lalat ke makanan, berarti akan menimbulkan tekanan pada sel-sel yang memang sudah ada dalam tubuh lalat. Semakin bertambah kenyal dan akhirnya sel-sel ini pecah. Beberapa enzim yang keluar menyerang kuman penyakit dan memusnahkannya. Akhirnya makanan menjadi bersih, bebas dari kuman penyakit.


So, jika lalat terjebak atau jatuh ke dalam minuman kita. Jangan ragu untuk mencelupkan seluruh tubuhnya. Sebab kebersihan minuman tersebut akan tetap terjaga. Hadits dan sains telah membuktikannya.


Kalo untuk ngusir lalat tanpa bahan kimia ???

Lalat memang sudah terlanjur dicap sebagai serangga pembawa bakteri alias penyakit, walau perannya sebagai dekomposer/pengurai sampah /kotoran tertutupi dengan perannya sebagai “musuh” bagi manusia. 


Yang perlu kita lakukan adalah memutus siklus kehidupan lalat itu sendiri. Jadi coba dicari sumber datangnya lalat, apakah ada tumpukan sampah kotor, atau bangkai yang tidak ketahuan. Bila ada, segera lakukan pembersihan total, dan mulai manajemen sampah dan kebersihan lain. (ini bisa dipelajari dalam buku Hygienis dan Sanitasi). 


Lalat pada dasarnya aktif disaat matahari terang, dan tidur saat matahari tenggelam. 


Mengusir lalat, bukan pekerjaan yang gampang atau susah, kini berbagai semprotan anti serangga berbahan kimia, seringkali dipilih sebagai cara mudah dan cepat membunuh/mengusir serangga. Namun, cara jitu ini juga meninggalkan racun buat tubuh manusia. Jika salah dalam penggunaan, kita bisa keracunan. Ada juga alat-alat elektronik instan pengusir lalat yang bisa digunakan pada saat-saaat tertentu.


Maka, selain cara pintas tadi, ada cara yang lebih alami dan aman, pun sama mudahnya. Coba deh beberapa wewangian alami di bawah ini, untuk mengusir lalat di rumah.

Cengkeh


bunga cengkehCara yang paling sederhana. Rendam cengkeh secukupnya, pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat.
Untuk mendapatkan wangi yang lebih tajam, padukan wangi cengkeh dengan apel. Caranya, siapkan satu buah apel yang sudah matang. Penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh, dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah terutup cengkeh ini di atas meja. Lalat pun enggan mendekat.


Daun Pandan


daun pandan wangi

Cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah mangkuk atau piring. Terakhir, tempatkan piring atau mangkuk tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat.









Lavender

Lavender merupakan salah satu tanaman, yang wanginya tidak disukai serangga.Kita bisa menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, untuk mengusir lalat. Selain mengusir lalat, bunga-bunga lavender ini juga mempercantik tampilan ruangan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komentar